Minggu, 09 Oktober 2011

III. Nostradamus

Filled under:

         Peramal paling terkenal, yang sepertinya tidak disebut dalam injil, adalah michel de Nostredame, atau Nostradamus, lahir di St. Remy di Prancis selatan tahun 1503. Dia mula-mula terkenal karena hasil karya dalam bidang kedokteran dengan korban wabah yang merebak di Aix-de-Provence dan lyons tahun 1546-1547 dan baru setelah itu mulai membuat ramalan. Koleksi pertamanya di terbitkan sebagai almanak ramalan cuaca di tahun 1550, dan pada tahun 1555 dia menerbitkan kumpulan ramalan pertama dari seluruhnya 10 kumpulan (seluruhnya hampir 1000) dengan judul Centuries. Dia meninggal di Salon, Prancis selatan pada tahun 1566.
          Nostradamus menulis ramalannya dalam bentuk sajak, sebagian besar dalam gaya yang amat simbolik. Pada kenyataannya dia memilih untuk tidak mengatur dalam urutan tertentu, membuat interpretasinya, pada umunya menjadi masalah perkiraan. Walaupun demikian, sejumlah ramalan tampaknya agak jelas menunjukkan pada peristiwa yang belum pernah terjadi ketika Centuries itu muncul.
          Ramalan pertama yang membawa ketenaran Nostradamus sebagai orang yang dapat meramal adalah sebagai berikut:

          "Singa muda akan mengatasi singa yang tua, di medan perang dalam sebuah pertempuran. Lawannya akan menusuk matanya dalam kurungan emas, dua luka sekaligus, kemudian dia mati setelah penderitaan yang mengerikan".

          Empat tahun kemudian, di bulan Juli 1559, Raja Henry II dari prancis yang kadang-kadang menggunakan singa sebagai simbolnya, terlibat dalam pertandingan tunggal antara dua ksatria. tombak dari lawannya yang lebih muda menembus penutup kepala berwarna emas dari sang Raja dan melukainya. Henry meninggal setelah menderita berkepanjangan.
          Beberapa ramalan Nostradamus berisi segala sesuatu demikian tepat seperti tanggal, atau bahkan bagian dari tanggal. tetapi dia tampaknya meramalkan salah satu kebakaran besar di London di tahun 1666, dengan mengatakan itu akan terjadi "dalam tiga kali dua puluh ditambah enam".
          Sebagian besar ramalan nostradamus menyangkut gerakan politik berskala besar dan peristiwa tingkat tinggi dan luar biasa. Revolusi Prancis tampaknya menjadi subyek dari beberapa sajak, termasuk yang ini:

          "Dari masyarakat yang diperbudak, nyanyian, lagu dan tuntutan, sementara para Pangeran dan Bangsawan di tawan dalam penjara. Hal ini di masa depan akan di terima oleh orang idiot tanpa kepala sebagai doa suci".

          Kalimat pertama sudah jelas. "Idiot tanpa kepala" dalam kalimat kedua diduga merujuk pada para pemimpin awal revolusi, yang menerima tuntutan rakyat prancis sebagai "doa", dan yang setelah melakukan korupsi karena kekuasaan barunya, akhirnya di gulingkan dan di penggal kepalanya dengan guillotin.
          Dalam sepucuk surat kepada Raja Henry II, Nostradamus juga meramalkan tahun 1792 sebagai tanggal kunci dalam peristiwa kenegaraan. Dibulan September tahun itu, di puncak revolusi, Prancis dideklarasikan sebagai sebuah republik. Kematian Ratu marie Antoinette dan Madam Du Burry, seorang selir Raja Louis XV, juga tampaknya telah diramalkan oleh peramal luar biasa ini.
          Seperti kebanyakan peramal, Nostradamus tampaknya mempunyai bakat tertentu untuk meramalkan bencana dan jatuhnya seseorang dari kekuasaan. Dia di yakini menguraikan nasib Napoleon, yang kekuasaannya atas kerajaan Prancis di akhiri dengan pemenjaraan dirinya di pulau kecil St. Helena di tahun 1815, dan telah meramalkan penyingkiran Raja Edward VIII dari Inggris di tahun 1936.
          Dalam dua sajak empat baris Nostradamus menyebut nama yang amat mirip dengan Adolf hitler dan menguraikan aktivitas yang mendatangkan bencana sampai ketepatan tertentu. Menurut sajak pertama:

          "Liberty tidak akan dikembalikan, seorang berkulit gelap, kejam, keji, jahat akan mendudukinya, ketika ikatan sekutunya dengan indah terbentuk. Venesia akan dipengaruhi oleh Hister".

          Sajak empat baris kedua bahkan lebih jelas lagi:

          "Binatang buas yang kelaparan akan menyeberangi sungai, sebagian besar medan perang akan melawan Hister. Dia akan menyeret pemimpin dalam kurungan besi, ketika anak-anak di Jerman tidak dilindungi hukum".

          Dalam sajak ini secara jelas menyatakan liberty di rebut, atau diduduki oleh orang jahat (berhati hitam dan berambut hitam). Venesia, bersama dengan seluruh italia, akhirnya "dipengaruhi" oleh mantan sekutunya. pasukan Hitler memang menyeberangi sungai dan perbatasan negara lain, seperti binatang buas kelaparan, walaupun sebagian besar negara menentangnya. Kalimat yang terakhir tidak jelas tetapi mungkin merujuk pada blokade laut Jerman atas Inggris, yang sebelu Pearl Harbor, adalah satu-satunya pemimpin dunia bebas dalam pertempuran yang masih bertahan.




*Dari berbagai sumber;  Erika Cheetham, The Prophecies of Nostradamus

0 comments: