Senin, 30 September 2013

GREEN ACTION 2013 : Green City Clean City

Forum Komunitas Hijau Harmoni Singkawang
Dalam rangka mengantisipasi berbagai dampak yang ditimbulkan oleh perubahan kondisi dan kualitas lingkungan yang berakibat buruk terhadap kehidupan manusia,  maka perlu diadakan upaya-upaya pencegahan melalui ragam penyuluhan maupun sosialisasi mengenai pelestarian lingkungan hidup dan gerakan ramah lingkungan. Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Dalam hal ini bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah semata saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Kota Singkawang, sebagai kota wisata di Kalimantan Barat yang sangat mengandalkan daya tarik keindahan dan pemandangan alam, yang terbentang mulai dari pesisir pantai berpasir putih dan diiringi dengan barisan pegunungan yang hijau serta kesejukan hutan, gencar mengadakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi lingkungan hidup di sekolah mulai dari tingkat SD sampai pada tingat perguruan tinggi. Kegiatan yang bertema "Green Action : Green City Clean City" ini diprakarsai oleh Forum Komunitas Hijau (FKH) Harmoni Singkawang dan didukung penuh oleh Lions Club Singkawang Kalbar Prima bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan instansi-instansi pemerintahan terkait lainnya. Kegiatan penghijauan yang meliputi kampanye kota hijau di sekolah, penanaman 1000 pohon, lomba foto lingkungan hidup, panggung kreasi remaja kota hijau Singkawang, diskusi bebas berkaitan dengan lingkungan hidup, pemutaran film dokumentar lingkungan hidup serta acara senam dan jalan sehat ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan Oktober 2013.

Pada tanggal 28 September 2013, FKH Harmoni Singkawang bersama dengan Lions Club Singkawang Kalbar Prima dan instansi terkait lainnya mengadakan sosialisasi dan penyuluhan lingkungan hidup serta gerakan penanaman pohon di sekolah Alam Harmoni Hijau yang terletak di kelurahan Naram - Singkawang Utara. Sekolah Alam Harmoni Hijau adalah sekolah yang setingkat dengan SD (Sekolah Dasar), memiliki kurikulum standar nasional, akan tetapi model pembelajarannya lebih menekankan kepada fungsi-fungsi alam, dimana alam dijadikan sebagai obyek pembelajaran; alam sebagai ruang belajar, alam sebagai media belajar dan alam sebagai bahan pelajaran. Sekolah Alam yang dicanangkan ini memiliki 4 pilar utama dalam proses pembelajarannya, yakni : Pengembangan akhlak melalui teladan (Learning by Qudwah), Pengembangan logika dan daya cipta melalui Experiental Learning, Pengembangan kepemimpinan dengan metode Outbond Training dan Pengembangan kemampuan berwirausaha.

Program dari Sekolah Alam ini sendiri bertujuan untuk mendidik anak-anak agar mampu berinteraksi dengan alam, dan guru sebagai pendidik bertugas untuk mengintegrasikan lingkungan dan budaya kontekstual, sehingga anak-anak dapat belajar untuk mencintai sesama manusia dan memperlakukan alam dengan ramah. Dalam proses belajar mengajar di sekolah Alam, anak-anak tidak diwajibkan untuk memakai seragam sekolah. Di setiap ruang kelas juga tidak disediakan kursi dan meja sebagaimana yang ada di sekolah-sekolah lainnya. Anak-anak belajar dengan duduk lesehan dan aktivitas di luar kelas merupakan salah satu kegiatan utama dimana anak-anak dapat berinteraksi secara langsung mengenai kondisi lingkungan.

Kepala Sekolah Alam Harmoni Hijau Hj. Nur Hasanah mengatakan bahwa Sekolah Alam merupakan sebuah model pendidikan yang berusaha mengembangkan pendidikan bagi semua umat manusia dan belajar dari semua makhluk hidup di alam semesta, dengan harapan agar semua pihak bisa membuka mata bahwa alam merupakan media pembelajaran yang sangat penting. Dalam kegiatan ini, kepala sekolah alam Harmoni Hijau mengungkapkan terima kasih yang besar atas sosialisasi dan penyuluhan yang diberikan oleh FKH dan lainnya. Mereka bersyukur bahwa anak-anak didik di sekolah alam mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai dampak dari eksploitasi lingkungan yang berlebihan serta cara-cara mengantisipasinya.

Acara selanjutnya adalah aksi penanaman pohon. Penanaman pohon ini dilakukan di sepanjang jalan masuk Sekolah Alam dan di dalam halaman sekolah Alam itu sendiri. Setiap bibit pohon yang ditanamkan terpasang papan nama antara lain dari Walikota Singkawang, Dinas pendidikan, kepala sekolah Alam, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, instansi-instansi terkait serta lembaga-lembaga swadaya masyarakat lainnya.

Ragam kegiatan penghijauan lainnya yang dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 29 September 2013 adalah Senam dan Jalan Sehat Hijau, bertempat di Mess Daerah kota Singkawang. Lions Club Singkawang Kalbar Prima yang mendukung penuh acara ini, memberikan sumbangsih dengan ikut berpartisipasi dan menyediakan beberapa hadiah doorprize bagi masyarakat yang mengikuti aksi penghijauan ini.

Salam pengabdian,